Jeda Siang, IHSG Berbalik Menguat Ditopang Saham Konsumer


Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada sesi 1 siang ini ditutup menguat jika dibandingkan dengan penutupan kemarin. Siang ini (26/5) IHSG naik sebesar 1 persen ke level 5341.31. Sementara saham unggulan yang tergabung dalam indeks LQ45 mengalami penguatan sebesar 1.28 persen ke level 932.

Pada perdagangan siang ini tercatat 178 saham menguat, sementara 78 saham melemah dan sisanya stagnan. Volume transaksi siang ini mencapai 5.75 miliar lot saham dengan nilai transaksi Rp 2.14 triliun dan transaksi sebanyak 98.547 kali. Sampai siang ini dana asing berada pada posisi net sell mencapai 37.45 miliar. Secara sektoral, tercatat semua sektor mengalami penguatan yang dipimpin oleh sektor konsumer dan manufaktur yang masing-masing mengalami penguatan sebesar 1.97 persen dan 1.68 persen. Sementara untuk saham-saham yang menjadi penopang IHSG antara lain SMRA, LSIP, SSMS, SRIL dan AALI.

Analyst Vibiz Research Center melihat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi bergerak dalam bergerak dalam pelemahan tertekan aksi ambil untung setelah pada perdagangan akhir pekan berhasil mengalami penguatan menembus level 5300, ditengah pelemahan rupiah terhadap dollar AS menyusul pernyataan dari Gubernur The Fed Janet Yellen yang mengharapkan untuk menaikkan suku bunga tahun ini jika proyeksi ekonomi sesuai prediksinya. Hal ini akan dilanjutkan dengan kenaikan suku bunga acuan secara bertahap.ditengah sentimen acuan suku bunga dalam negeri yang didukung dengan menguatnya nilai tukar rupiah.

Sementara sentimen positif datang dari Lembaga pemeringkat internasional Standard and Poor’s (S&P) yang menaikkan outlook rating Indonesia dari Stable menjadi Positive Outlook. Hal ini sekaligus mengafirmasi rating pada BB+. Perbaikan outlook ini mencerminkan kemungkinan Indonesia akan memperoleh peningkatan rating lagi dalam 12 bulan ke depan. Pada hari ini dan diperkirakan akan di kisaran support 5.150-5.200, dan resisten 5.350 – 5380. Saham-saham yang menarik untuk dicermati pada perdagangan hari ini antara lain saham ITMG, INCO, BSDE dan SSMS.



Regi Fachriansyah/VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

0 komentar:

Posting Komentar